Beauty

Cara merawat skin barrier yang rusak

young Asian woman making cosmetology treatment skin injection, Mesotherapy of face beauty care

Bagaimana cara merawat skin barrier yang rusak, sebenarnya perawatan skin barrier tidak jauh berbeda dengan menjaga kesehatan kulit pada umumnya. Yaitu,

 

  1. Menyederhanakan perawatan kulit harian

Cara merawat skin barrier yang paling penting yaitu mulai menyederhanakan perawatan kulit harian kita. Beberapa orang mungkin tak sadar bahwa terkadang perawatan kulit yang rumit dapat melemahkan penghalang kulit mereka.

Bila kulit mulai mengelupas, coba perhatikan bagaimana kulit bereaksi terhadap metode yang digunakan. Beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan kain lembut dan zat kimia ringan ketika mengeksfoliasi kulit, terutama pada kulit sensitif.

 

  1. Menjaga keseimbangan pH kulit

Menjaga tingkat keasaman (pH) kulit pun penting dalam merawat skin barrier Anda. Normalnya, kadar pH pada kulit seharusnya berada di sekitar pH 5,7. Meski begitu, pH beberapa produk perawatan kulit dapat berkisar 3,7 – 8,2.

 

  1. Mengoleskan minyak nabati alami

Beberapa minyak nabati bisa membantu memperbaiki skin barrier yang rusak. Bahkan, jenis-jenis minyak tersebut dapat menjaga kelembapan penghalang kulit Anda. Ini berkat efek antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Sejumlah minyak nabati yang cukup aman dan efektif digunakan untuk merawat kulit antara lain:

kelapa, almond, argan, rosehip atau bunga matahari.

 

  1. Memilih produk dengan kandungan ceramide

Ceramide merupakan lipid lilin yang bisa dijumpai pada skin barrier Anda. Sementara itu, produk yang mengandung senyawa ini terbukti dapat meredakan gejala kulit kering, seperti gatal dan kulit yang berkerak.

Terlebih lagi, pelembap dengan kandungan ceramide memberikan manfaat lain bagi kesehatan kulit, seperti memperkuat struktur kulit.

 

Cara merawat skin barrier yang rusak
Cara merawat skin barrier yang rusak

You may also like

Read More