Beauty

Faktor penyebab skin barrier menjadi rusak

skincare

Skin Barrier adalah lapisan terluar dari permukaan kulit yang terdiri dari sel dan lipida (lemak) Skin Barrierberfungsi sebagai penghalang alami untuk menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari bakteri, zat kimia, mikroorganisme, dan polusi lingkungan.

Ketika Skin Barrier terganggu atau rusak, maka kulit kita akan mengalami berbagai masalah kulit seperti kekeringan, sensitivitas, peradangan, dan meningkatkan kerentanan terhadap infeksi. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi dan menjaga keutuhan skin barrier untuk memastikan kesehatan kulit yang optimal.

Berikut adalah penyebab Skin Barrier rusak, antara lain :

Kerusakan yang terjadi pada skin barrier ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari cara penggunaan produk kecantikan yang tidak tepat, pemilihan kandungan produk yang salah, cuaca bahkan usia. Nah, secara lebih spesifik penyebabnya bisa dijelaskan pada poin-poin berikut:

  1. Menggunakan produk kecantikan berbagan keras sehingga terjadi iritasi pada kulit. Hal ini biasanya ditandai dengan kulit yang mengelupas dan mengering.
  2. Melakukan over exfoliating yang akhirnya mengikis skin barrier. Alih-alih mengangkat sel kulit mati, malah lapisan pelindung kulit terluar yang akhirnya menjadi rusak.
  3. Sepele dengan kelembapan kulit. Hal ini nyatanya masih sering terjadi. Terlebih lagi bagi pemilik kulit berminyak yang menganggap tidak perlu lagi mengaplikasikan pelembap ke wajah mereka. Nyatanya, apapun jenis kulit kita, pelembap merupakan item wajib untuk tetap menjaga kelembapan kulit agar tetap sehat terawat.
  4. Terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama tanpa adanya pelindung. Matahari memang menjadi momok menakutkan karena dampak buruknya yang bisa merusak kulit.
  5. Kurang tidur dan stres.
  6. Terpapar zat polutan berbahaya dari lingkungan.
  7. Usia yang semakin menua bisa menyebabkan skin barrier menjadi melemah.

Dengan mengetahui faktor-faktor penyebab rusaknya skin barrier, kita akan semakin berhati-hati dalam merawat skin barrier kita.

CIRI-CIRI SKIN BARRIER RUSAK

Ketika Skin Barrier rusak, beberapa ciri-ciri yang mungkin terjadi antara lain:

  1. Kulit kering: Skin barrier yang rusak dapat mengakibatkan hilangnya kelembapan alami pada kulit, sehingga kulit menjadi kering dan kasar.
  2. Sensitivitas kulit yang meningkat: Skin barrier yang rusak membuat kulit lebih rentan terhadap iritasi dan reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu.
  3. Kemerahan dan peradangan: Skin barrier yang rusak dapat menyebabkan kulit menjadi merah, teriritasi, dan meradang.
  4. Rasa gatal atau terbakar: Kulit dengan skin barrier rusak sering kali terasa gatal atau terasa seperti terbakar.
  5. Penampilan kulit tidak sehat: Skin barrier yang rusak dapat membuat kulit terlihat kusam, tidak bercahaya, dan kurang sehat.

Penting untuk diingat bahwa ini adalah ciri-ciri umum, setiap individu mungkin saja akan mengalami gejala yang berbeda, tergantung pada tingkat kerusakan skin barrier mereka.

Faktor penyebab skin barrier menjadi rusak
Faktor penyebab skin barrier menjadi rusak

You may also like

Read More