Beauty

Mengenali jenis dan kondisi kulit kita

Anti-aging Face Treatment
Setiap jenis kulit wajah tentu memiliki masalah dan cara merawat yang berbeda. Untuk mengenali jenis dan kondisi kulit kita serta bagaimana merawat wajah kita dengan tepat, penting mengetahui jenis kulit wajah kita dengan melakukan cuci wajah dan mengamati kulit kita dengan seksa dalam keadaan tanpa skin care atau make up sedikitpun. (bare face).
“Mengetahui jenis kulit wajah penting dilakukan, sebab jika tidak akan berdampak pada pemakaian skincare atau make up yang kita gunakan” terang Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD dr. Iskak Tulungagung, dr. Sekar Puspita Lila Sari, Sp, KK.
“Cara paling mudah mengetahui jenis kulit wajah kita dengan mencuci wajah dan diamkan selama 30 menit tanpa menggunakan produk skincare apapun. Jika muncul beberapa tanda-tanda seperti berminyak, bersisik, normal dan kombinasi, maka yang perlu menjadi perhatian adalah pemilihan skincare harus sesuai dan tepat,” tambahnya.
Perlu diketahui juga, jenis kulit wajah manusia secara medis sebenarnya terbagi dalam 16 tipe, namun pada umumnya atau secara basic terbagi menjadi:

5 tipe kulit, yakni

1. Kulit normal,
2. Kulit kering,
3. Kulit berminyak serta
4. Kulit Kombinasi
5. Kulit Sensitif
Berikut uraian jenis kulit wajah manusia, yaitu :

1. Kulit Normal

Kulit normal cenderung memiliki ciri kelembapan yang pas serta terasa kenyal, sehingga type kulit wajah seperti ini jarang memiliki masalah kulit wajah.

2. Kulit Kering

Tipe kulit kering pada dasarnya cenderung bersisik atau memiliki permukaan yang kasar, dengan pori-pori yang mudah terlihat akibat kelembapan kulit yang rendah.
Ciri-ciri berikutnya adalah ada rasa tertarik, kaku dan kusam.
Kulit jenis ini mudah mengalami iritasi dengan tanda tanda memerah, gatal dan meradang sehingga dapat memicu timbulnya jerawat.
Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang mempunyai kulit kering adalah karena masalah barrier kulit (lapisan kulit paling atas).
Barrier kulit memiliki fungsi untuk menahan air. Kalau ada gangguan pada barrier kulit, tentu kulit akan kering atau lebih mudah untuk air lepas. Solusinya adalah memperbaiki barrier kulit dan menghindari penggunaan produk eksfoliatif secara berlebihan.

3. Kulit Berminyak

Berbanding terbalik dengan tipe kulit kering, kulit berminyak justru memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan oleh produksi sebun atau minyak yang berlebih pada wajah.
Kulit berminyak juga disebabkan oleh banyak faktor, yaitu faktor usia, hormon, iklim dan cuaca, stres, olahraga yang dilakukan, dan sebagainya.
Karena produksi minyak yang tinggi maka pori-pori pada wajah akan sering dan mudah tersumbat oleh kadar minyak. Masalah paling umum yang dialami oleh pemilik kulit berminyak adalah : kulit berkomedo (baik blackhead maupun white head), beruntusan dan berjerawat.

4. Kulit Kombinasi

Jika pada daerah T zone yakni dahi, hidung dan dagu cenderung berminyak dan di daerah lain kering, normal atau lembab maka kulit jenis ini termasuk jenis kulit kombinasi.

5. Kulit Sensitif

Jika kulit wajah normal, berminyak atau kering tetapi kerap timbul rasa gatal, atau timbul kemerahan, terasa perih jika terkena sinar matahari, mudah alergi, mudah terkelupas jika mengenakan produk perawatan kulit tertentu, maka jenis kulit ini adalah jenis kulit sensitif.
Mengetahui jenis kulit wajah kita dan diimbangi dengan gaya hidup yang sehat penting dilakukan, agar kulit kita terawat dan sehat.
Mengenali jenis dan kondisi kulit kita
Mengenali jenis dan kondisi kulit kita

You may also like

Read More